Sejarah Dr.Martens Shoes

England-London-Covent-Garden-cobbled-street-DrMartens-shoe-store-mono
Dr.Martens merupakan merek sepatu dari Inggris, yang juga membuat berbagai aksesoris seperti produk perawatan sepatu, pakaian, koper dan sebagainnya.Dr.Martens dikenal sebagai Doctor Martens, Doc Martens, Docs atau DMS. Sepatu Dr.Martens memiliki model yang clasic dan terkenal dengan sol sepatunya yang khas. Sejarah
Dr.Marten sendiri dimulai pada saat Perang Dunia II berlangsung. Ketika dokter tentara Jerman Klaus Martens cuti dari medan perang, karena mengalami cidera saat sedang bermain ski di pegunungan Alpen Bavaria. Pada saat itu ia mendapatkan boot tentara, penyebab cidera, karena alas kaki yang dipakai sangat tidak nyaman. Kemudian ia mengganti dengan kulit yang lebih lembut dan sol yang lebih empuk dengan bantalan udara. Ketika peperangan sudah berakhir Klaus mulai memproduksi boot buatan untuk dipakainny sendiri.

Tahun 1947, Klaus Martens yang kurang cakap dalam berbisnis, bertemu dengan teman lama, Dr. Herbert Funck di Munich. Funck yang pandai berbisnis tertarik dengan desain sepatu yang dibuat oleh Martens. Dengan memanfaatkan banyak karet yang dibuang di lapagan udara Luftwaffe saat itu, Martens dan Funck ditahun yang sama, memproduksi boot dan menjalankan bisnis tersebut di Seeshaupt, Jerman. Boot yang tahan lama dengan kulit yang lembut dan sol empuk menjadi favorit bagi para ibu rumah tangga, dan 80% hasil penjualan boot pada dekade pertama adalah wanita dengan usia diatas 40 th.

Kemudian karena hasil penjualan yang bagus, Martens dan Funck membuka pabrik di Munich pada tahun 1952. Tujuh tahun kemudian, mereka mulai menjajaki ekspansi bisnis internasional dengan menggandeng produsen sepatu Inggris, R.Griggs Group Ltd. Boot Martens hasil produksi Inggris di daerah Northamptonshire, yang pertama kali keluar pada tanggal 1 Appril 1960. Boot ini memiliki ciri khas desain, jahitan benang warna kuning mengelilingi sol, kulit Nappa yang lembut, dan sol empuk dengan bantalan udara. Boot Dr.Martens terkenal dengan kode desain seri 1460 yang selanjutnya mengalami perkembangan modifikasi desain warna dan bentuk. Seri 1461 adalah Boot Martens yang memiliki bentuk hanya sampai ankle kaki. Boot-boot DMS produksi Inggris mendapat respons yang sangat positive, dan banyak digunakan oleh Polisi, Tukang Pos juga pekerja pabrik. Boot asal Jerman dengan sentuhan Inggris yang terkenal dengan Doc Martens, Docs dan DMs ini benar-benar mengguncang Eropa dan Dunia. Hampir seluruh musisi dan selbritis film menggunakan DMs. Desain Docs dengan seri 1460 dan 1461 menjadi seri klasik utama dari sekian banyak seri DMs.

Griggs-Funck-Maertens

"We don't preict the future. But as long as people want to express their individuality and their freedom, they will wear Docs. We'll celebrating our 100 years, that's for sure."-David Suddens, CEO Dr.Martens

Dr. Martens disponsori Rushden dan Diamonds F.C di tahun 1998-2003. Dan pada tahun 2001 mulai deberi nama Airwair Stand. Pada tahun 2000-an, Dr Marten dijual secara exclusive dibawah nama AirWair, dan dibuat dalam puluhan model yang berbeda, termasuk sepatu hitam konvensional, sandal dan sepatu berujung baja (Steel Toe)

Pada tanggal 1 Appril 2003 di bawah tekanan penjualan yang menurun, perusahaan Dr.Martens menghentikan semua produksi di Inggris. dan Produksi pindah ke Chinea dan Thailand. Dengan perubahan ini juga datang akhir produk vegan-friendly perusahaan non kulit, yang diproduksi sejak awal 1990-an. Pada tahun 2007 perusahaan ini mulai memproduksi sepatu lagi di Inggris, di Pabrik Lane Cobbs di Wollaston. Produk ini merupakan bagian dari baris "Vintage", perusahaan yang mengiklankan sebagai dibuat untuk spesifikasi asli.

This entry was posted on Friday, March 14, 2014 and is filed under ,,,,. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

Comments
0 Comments

Page View

Powered by Blogger.